Konsol Anyar Nintento Ternyata Switch Bukan NX

Jika menilik kebelakang, kurang lebih telah satu tahun lebih kita mendengar rumor mengenai konsol anyar Nintendo yang akan beredar sebagai penerus dari Wii. Selama menunggu telah lebih dari 1 tahun lebih akhirnya Nintendo merilis konsol anyar mereka yang nama Switch bahkan produsen game raksasa Jepang tersebut tidak malu0malu untuk mengumbarnya kepublik.
Konsol Anyar Nintento Ternyata Switch Bukan NX
Keluarnya Switch cukup mengejutkan karena berdasarkan kabar sebelumnya, Nintendo akan merilis konsol yang bernama NX. NX sebelumnya dirumorkan akan menjadi konsol anyar agen poker dari Nintendo. Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Switch mengusung fitur menggabungkan konsep gaming konsol rumahan dengan perangkat gaming mobile dan disebut sebagai sebagai konsol hybrid sehingga gamer dapat memainkan game dimana pun dan kapan pun.

Mesin utama Nintendo Swtich menyerupai sebuah tablet yang disebut dengan nama Switch Console oleh Nintendo. Diperkirakan tablet ini memiliki layar berukuran 7 inchi dengan resolusi yang belum diketahui. Pada bagian samping tablet terdapat slot yang dapat digunakna untuk meletakan kontroler portable. Nintendo pun memberi nama kontroler situs poker ini dengan nama Joy-con. Selain dapat dipasang di samping layar tablet, Joy-con juga dapat dibuet menjadi sebuah kontroler dengan menggunakan Joy-con Grip.

Penggunaan Nintendo Switch sebagai perangkat gaming portable yang bisa digunakan dimana pun dan kapan pun juga membuat konsole ini dapat digunakan dengan berbagai cara. Penggunaan dapat dengan digenggam dengan kontroler di kiri dan kanan seperti 3DS atau juga dapat diletakkan di meja dengan kickstand yang menopang.

“Nintendo Switch menawarkan kebebasan dalam bermain game sesuai keinginan hati anda,” kata Reggie Fils-Aime, President dan COO dari Nintendo of America. Untuk yang bosan bermain di luar, dapat memindahkan konsol ini kedalam rumah dan menjadikannya konsol rumaha dengan cara yang mudah yaitu meletakkan tablet kedalam docking yang tersambung ke televisi.

Beralih ke sektor teknis, pengolahan grafis Nintendo Switch disbeut menggunakna NVIDIA Tegra yang didukung dengan kartu grafis GeForce untuk mendukung pemrosesan grafis. Sementara itu, untuk memainkan game, Nintendo Switch kembali menggunakna game fisik yaitu cartridge.

Hingga saat ini, Nintendo masih belum mengungkapkan berapa harga Nintendo Switch hanya saja dari penyataan resmi mereka, perangkat ini akan tersedia pada Maret 2017.